Cara Menghilangkan Memar Di Kaki dan Tubuh Dengan Mudah dapat dilakukan secara alami oleh tubuh itu sendiri. Cara alami yang dilakukan tubuh yaitu dengan memecah gumpalan darah dan menyerapnya kembali secara alami. Memar sendiri kebanyakan disebabkan oleh benturan benda keras dengan kulit tubuh secara langsung. Benturan tersebut akan membantuk memar yang berwarna merah dan keunguan. Selain karena banturan, memar juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh. Jika Anda tidak merasa terkena benturan namun tiba-tiba tubuh mengalami memar bisa saja itu disebabkab oleh kekurangan vitamin C.

Memar yang disebabkan benturan biasanya akan menimbulkan rasa sakit. Bahkan setelah beberapa lama memar itu akan tetap terasa sakit walaupun biasanya dengan frekuensi yang sedikit berkurang. Sedangkan memar yang disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh biasanya tidak akan menyebabkan rasa sakit, namun ada juga yang tetap terasa sakit seperti halnya memar yang disebabkan karena kekurangan vitamin C.

Cara mengobati luka memar

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengobati luka memar dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat luka tersebut. Cara tersebut sebagai berikut:

1. Kompres dengan menggunakan es batu

Masukan es batu kedalam handuk lalu kompres dibagian tubuh yang mengalami memar dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Es batu akan membantu mendinginkan pembuluh darah yang ada di area memar. Pembuluh darah yang dingin akan dengan sendirinya menghentikan aliran darah yang keluar karena luka.

2. Kompres dengan menggunakan air hangat

Air hangat akan membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah di area yang mengalami luka memar. Selain itu, mengkompres dengan air hangat juga akan membantu mengurangi rasa sakit akibat luka dan juga menghilangkan meriang. Anda dapat menggunakan handuk yang direndam di air hangat untuk mengkompres, atau bisa juga dengan menggunakan kantung yang berisi air hangat.

3. Balut luka

Dengan membalut area yang terkena luka memar akan membantu untuk mencegah bocornya pembuluh darah yang dapat menyebabkan semakin parahnya luka tersebut. Selain itu, membalut luka juga dapat menghidarkan luka dari bakteri.

Mengobati luka memar dengan menggunakan obat tradisional

Selain menggunakan cara-cara diatas, menyembuhkan luka memar juga dapat dilakukan dengan ,menggunakan obat tradisional yang berasal dari bahan alami. Obat tradisional itu diantaranya:

Mengobati luka memar dengan menggunakan obat tradisional

1. Cuka sari apel

Cara menggunakan cuka sari apel untuk membantu mengobati memar adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air secukupnya. Gunakan campuran tersebut untuk megkompres luka memar dengan handuk selama 10 menit.

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan yang dapat menghancurkan protein penyebab penggumpalan darah pada luka memar. Dengan banyak mengkonsumsi pepaya akan membantu memudarkan bahkan menyembuhkan luka memar.

3. Nanas

Selain pepaya, nanas juga memiliki kandungan yang sama yang berfungsi untuk menghancurkan protein tertentu penyebab penggumpalan darah pada luka memar. Jika Anda tidak terlalu menyukai buah pepaya, Anda dapat mengkonsumsi nanas sebagai alternatif untuk menyembuhkan luka memar.

4. Jahe

Untuk menyembuhkan luka memar jahe dapat digunakan dengan 2 cara yaitu dikonsumsi langsung atau dioleskan ke bagian tubuh yang mengalami luka. Siapkan jahe secukupnya lalu tumbuk dan campurkan dengan air secukupnya untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk dioles tumbuk jahe hingga benar-benar halus, lalu oleskan ke bagian luka.  

Semoga Anda dapat mengobati luka memar dengan baik setelah mengetahui cara mengobati luka memar.